Selamat Datang di Blog Edo Newbie

Melamar kerja Pizzahut, Starbucks, KFC, Jco.

Pizza hut

ane kasi gambarang untuk JobDesk nya



Nah untuk melamar kerja di pizza hut..
ente siapkan
1. Surat lamaran kerja (b.indo dan di tulis tangan)
2. CV/resume ente.. (b.indo dan bisa di ketik komputer)
3. ijasah ente terakhir (SMP/SMA.. kl SD ane ga tau ye.. kalo ada nilai IP kuliah lebih bagus)
4. Pas photo 4x6 berwarna 2 lembar

nah caranya begini...
ente ke pizza hut cabang mana aja.. dan tanya seperti ini pada greeter(penyembut, orang yang biasa menawarkan produk pizzahut dan menjelaskan bila ada promo di pizza hut) yang ada di Pizza.H.

percakapan biasa:

PERCAKAPAN TIDAK 100% SAMA DENGAN YANG SAYA TULIS.. TAPI 80% SAMA.

E=ente
G=greeter

G=selamat (siang,sore,malem). kami dari pizza hut ada promo blablablabal
E=maav mbak.. saya mau tanya kalau mau titip resume disini bisa ga ya ?
G= oh bisa mas.. silakan taruh di kasir saja (biasa ente dapet senyum gratis dari greeter PH !!)

for SENYUM GREETER:

setelah itu anda bisa pulang dengan tenang.. hehe.. tunggu panggilan aja..


beberapa hal ini adalah hal yang sering ditanyain.. so di baca baek2...

Q : brapa lama ? kok ane ga di panggil2 ??
A : sabar.. begitu ada kekurangan tenaga pasti ente d panngil.. setau ane pizza selalu kekurangan tenaga

Q : Pizza ada partime ?
A : ga ada.. yang ane tau itu partime adanya di Starbucks ama McD aja

Q : biasa kl ane keluar dari tempat padahal baru kerja cuma 1bulan.. bijimana ?
A : tenang.. ga ada pinalti.. biasa pinalti itu Jco dan starbucks

Tips ane untuk ente
1. Untuk pemangilan lebih cepat, taruh lamaran di Pusat PH di kota ente.. tanya aja greeting nya.. "mbak. pusat / tempat pelatihan FoH dmana ya ?" (TEMPAT PELATIHANNYA BIASA MENJADI TEMPAT PELATIHAN FOH)

2. di resume ente kasi pengalaman kerja minimal 1 biji. misal :
waiter di Rumah makan padang..
berkerja di KFC

Kfc

Pengalaman temen
 by ekawijaya 

ane dulu pernah lamar di dunkin donut pusat gajah mada jakbar
yg dibutuhkan
1.surat kelakuan baik
2.surat kesehatan minta rontgen paru2 dll
3.surat rt rw domisili dll
4.tes IQ dll
5.gilaaaaa ribet semua2ny
tesnya ini itu menghabiskan ongkos dll toh blm tentu diterima dan biasanya bulan pertama awal itu penerimaan karyawan baru

semua persyaratan ini dibutuhkan di
kfc,dunkin donut,mcd,sturbuks,,burger king,dll yg dulu pernah ane lamar

jd gak semuanya mudah bikin persyaratannya aja udah diatas 100rb skkb,domisili,rt rw dkk
ongkos
belum lagi menanti

dan yang paling parah sistem kontraknya

belum lagi gaji kita dipotong oleh outsourcing minimal 300 rb(saudara ane outsourcing di indosat)

kadang pusing juga sih kerja disana gaji dipotong2
hehhehehehe share pengalaman ane yg ud kerja dan pernah lamar disana

enakan cr kerja yg pasti2 dan gak kontrak aja deh mendingan
ditoko atau kios2 gt drpd tiap 3 bulan berhenti kerja gak lucu bgt
yang diatas sesuai dengan pengalaman ane.. cuma ane ga pake

surat kesehatan minta rontgen paru2 and surat rt rw domisili dll
tapi yang atas uda persis kok..
cuma yang kurang ane liat Fotocopy KTP, pas photo, surat lamaran kerja ditulis tangan

kemudian yang test IQ kan cuma pas masuk kan

tambahan temen kaskus kita lagi

Quote:
Originally Posted by .:. 
Ane pernah kerja di KFC, kebetulan posisi ane jadi MT disana..

Ane kasih tau alurnya ya, MT KFC itu yang dibutuhin lulusan D3 atau S1, lamarannya bisa dikirim ke KFC Daan Mogot atau bisa di bawa langsung kesana.

Pemanggilan agak lama sih, sampe sebulanan. Nanti dipanggil lagi untuk interview pertama dan kalo lolos dipanggil lagi untuk psikotes, semuanya di KFC Daan Mogot.

Kalo sudah penerimaan, nanti 3 hari training newbie di KFC Daan Mogot dan akhirnya dikasi tau penempatan sementara selama 3 bulan. Waktu itu ane di KFC Bulungan.

Nah di bulungan ini, nanti para MT diajarin mulai dari operasional sampe manajerial, istilahnya nyobain setiap job desk yang ada di restoran tersebut. Dan untuk MT ada tambahan seperti pelajaran mengenai penyakit ayam dan pengolahannya.

Kalo dah 3 bulan, nanti posisi langsung asisten manajer dan ditaro di store yang bakal di random.

Kelebihannya:
Tiap hari bakal dapet makan nasi sama sayap

Kekurangannya:
Jam kerja ga jelas
McDonald

by,willywang
McDonald sama dengan yang KFC.. cuma perbedaannya dari segi menu nya. kata temen ane yang uda masuk

1. surat lamaran kerja
2. CV.
3. ijasah terakhir.
4. fotocopy KTP

biasa di sini ente gajinya 700-900.
(pengelaman temen ane bberapa taun lalu)
untuk biar jelas ada sesepuh McD dateng..



by gasukapizza
kebetulan saya manager di Mcd.
sorry saya mau klarifikasi willywang yg bilang.
kalo utk crew di mCd, kita bisa gaji per bulan ga seperti yg willywang sebut, melainkan diatasnya lagi.
itupun klo ada penambahan jam akan ada intensif lagi.
pekerjaan di mcD sangat dinamis, dan managementnya sangat baik, di mcd karir terbuka setinggi2nya, darimanapun level anda
J.co & Starbucks Part1

Jco & starbuks kenapa di jadi 1 ?
karena itu 1 naungan...
ane disini kurang pengalaman karena ane blm pernah masuk starbux.... sementar pake pengalaman temen2 kita dulu ya

biasa ente masuk d sini uda sistem kotrak langsng,,
jadi kl ente keluar sebelum 6bulan, ente kena pinalti sebesar 2.5 jt

ini contohnya 
by bosmanbing
yg kena penalti itu biasanya karena perusahaannya mengeluarkan biaya buat recruitmentnya
contoh aja J.Co, ada psikotes buat calon karyawannya yang di bayarin ama J.Co nya, dan ada pelatihan ke jakarta segala (khusus cabang di luar jakarta)
gw tau ini karena J.Co suka kirim calon pegawai buat psikotes di tempat gw praktek di Palembang, biasanya yg dikirim sekelas manager/supervisor/kepala gudang/inventory dan kasir.
by rendhyrendhy
ane cuma mo kasih sedikit info neh..
takut2 pada nyasar n salah info..
mnding langsung dari sumberna kan..
ane barista di starbucks..
ane dah kerja 1.5 tahun jadi part-time..
n skarang dah jadi full-time..
starbucks gk nutup lowongan dari jurusan apa pun..
jadi smua jurusan bisa..
tapi harus D3 minimal wat full-time..
wat part-time harus masih kuliah..
wat masalah salary..
kalo full-time itu ane gk isa kasih tau..
masalahna convidecial..
pokokna kisaran 1.3-2 jt lah..
trgantung performa toko ente..
kalo wat part-time..
4 jam= Rp. 40.000,-
8 jam= Rp. 60.000,-
kalo mo naro lamaran bisa langsung ke BNI 46 LT 7..
PT. Sari Coffee Indonesia..
tapi kalo taro di sana, ya orng sana yg nentuin ente di tempatin dimana..
yg udah2 seh daerah2 rumah seh..
kalo mo kerjana di toko tertentu ente taro aj di sana lamarana..
kalo mang mereka lagi butuh langsung mereka proses koq..

gitu agan2 skalian..
o iy tambahan..

wat yg dah naro tapi lom di panggil sabar aj ya..
soalna yg naro lamaran gk cuma 100-200 orng..
tapi klo mang ente menuhi syarat pasti di panggil koq wat psikotes n interview..
klo dah di panggil jgn seneng dulu..
tesna berat om..
susah bgt..
n mereka tes bukan cuma formalitas aj..
tapi mang bener2 di seleksi..
ane aja dah gagal 2x tesna..
tapi kalo ente dah keterima, kuat2 lah kerjana..
jgn manja n cengeng dah pokokna..
kalo wat yg full-time peluang karir terbuka lebar bgt..
contohna temen ane..
dy kerja baru 6 bulan dah diangkat jadi SPV..
stahun kemudian di angkat jadi store manager..
pokokna manteb lah wat meniti karir..

o iy tambahan lagi neh..
ane aj anak IT..
jd wat yg dari jurusan slain perhotelan jgn ragu wat naro..
coba aj taro di tempat ane..
starbucks tebet..
lagi kurang orang bgt neh..
heheheh..
J.co & Starbucks Part2
by image14
gw bantu nich... gw mantan anak part-time J.co... dan starbucks cm training terus gw cancel.. hahaha...

gw kasi recomandation buat u jd silahkan pilih :

J.co
Taro CV + KTP fotocopy ke Meruya selatan kalo isa ketemu pak philip dy bagian HRD yang ngurusin J.co Bradtalk Jhony andrean dll.... So entar last interview penentuan m dy...

Benefitnya dari pengalaman gua...:
-Situ u bisa makan donat sepuas hati u......
-bisa buat minuman dan sisanya bisa u minum...
-kalo dapet location " war area store " <--- maksudnya sebutan buat store yang ramai dan kaga henti2... itu cape..... tp enak... [ ceweknya cantiq2 ] ahahaha cuci mata... tp so kerja cape......
-lebih banyak prakteknya so enaklah
-klo dapet lingkungan kerjanya enak.. apalagi kalo dapet karyawan + Manager store yang enak / baik pasti betah...

Kekurangannya :
- fee dari Part timer J.co kecil.. kerja 8 jam + 1 jam istirahat = 9 jam.. kalo g dl sekitar 60rb.... sekarang kaga tau....


Kalo starbucks :
benefitnya :
Part timer
- kerja 4 jam itu dapet 1 minuman
- fee 1 hari 40rb kerja 1 minggu = 25 jam itu bisa 3 hari / 4 hari / 5 hari kerja tergantung Manger Storenya....
- Karyawannya ya anak2 muda kalo dapet team worknya cewek cantiq pasti enak.. hahaha....
- pengalaman kerja sich boleh lah sana Tp sistem rolling jd bisa jd 1 hari u kaga buat minuman mungkin u front liner kebanyak bersih2...

*kalo j.co u pasti buat minuman + front liner... tp g dl kebanyak buat minuman.. haha... sensasinya beda dan enak.. haha.. tp kalo starbucks ada sistemnya.... tp u kadang buat juga.. kalo dapet store yang kaga rame....

kekurangannya :
so far blm ada soalnya g blm kerja sebatas training cuz g cancel.. hahaha...
so it's ur choice........... semoga dapet membantu info anda...
by itfreaks
Lumayan bnyk bro benefitnya,
1.Lo dpet kaos Polo Shirt 2 ,hehe..standar
2.salary,pastinya..
3.lo bKal belajar bikin bnyk minuman, dan itu lo mnm sendiri(Selagi masa training,biasanya 10 hr)
4.tiap hr lo dpt jatah 2 minuman starbucks klo 8 jam,1 mnm /4jam.
5.Truz materi2 yang diajarin dalam berinterakasi sm org disana ,bgs bro, bakal ke pake di tiap tmpt kerja.
6.Yang banyak tmn,dari customer, karena kita diwajibkan untuk ngbrol sm custmer, otomatis jadi kenalan.
7.Ntr lo bakal diajarin CSR (Corporate Social Responsibility), itu acara rutin dari starbucks BIP ke panti asuhan n yatim piatu, kita ngajar sesuatu n berbagi buar org2 disana.

Sebenernya msh bnyk benefitnya, tp segitu dl , biar ente aja yg ngerasain langsung..hehe...

Good Luck....
Quote:
by itfreaks 
Ane coba share waktu pengalaman ane interview di starbucks ya yang msh ane igt,

1. Dapet Panggilan dulu via telp, utk atur waktu interview
2. Waktu interview 1 : yang interview itu store manager
bakal ditanyain about ur self dari akitvitas ,hoby, ortu,motivasi, cara dalam menangani sebuah masalah intinya introduction ur self, truz bakal ditnya jg jadwal kuliah masing2..ini masih pake bhs ind, tp ada saat jg pake bhs inggris.
3. Nah klo interview 1 udh Ok, bakal di telp lagi untuk interview selanjutnya, tp klo gk ok gk akan di panggil utk interview ke 2.
4. Interview ke 2: yang interview District Manager yang megang starbcuks BDG-JKT, disini FULL English, disini interview terakhir yg memutuskan diterima atau gknya distarbucks.
5. Setelah semua Ok n udah ada kata diterima, tgl atur waktu utk training dech..
6. Welcome To Starbucks Experience..
Oby fen-d
sekedar update info ni,
awal bulan ini gw baru coba2 daftar barista setarbak, tadinya mau buat isi waktu sambil nunggu buat cabut s2 taon depan...

ni langkah2nya :

1. kirim cv ente2 ke sini: starbucks.recruit@map.co.id
2. Tunggu panggilan tes dari pihak setarbak, kalo gw kemaren dihubungin via sms.
3. Dateng tes, kalo kemaren gw tes di komplek ruko sudirman park.
Tesnya: perkenalin diri+background pendidikan+tinggal dimana+kenapa mau kerja di setarbak, semuanya dalem bhs inggris, trus ada psikotes jg..Ga terlalu susah lah.
4. Kalo lulus tar dibacain namanya trus suru tunggu diluar & dipanggil 1-1 buat interview
5. Kemaren itu wkt interview gw langsung disuruh medical checkup di RS daerah mahakam sana, biaya ditanggung pihak setarbak tp kalo sekalian "jajan" di mahakam kaga ditanggung setarbak biayanya... Gw ditawarinnya jadi full time, pdhl gw pengen yg part-time .

Gw ga bisa ambil full time soalnya musti kontrak wajib kerja 8bln (2bln training+6bln kerja) kalo sebelon itu keluar ada penalti 2,5jt, akhirnya gw disuruh interview ama user dulu (ga jadi suru med-check), which is manager setarbak Central Park krn gw mau ditempatin disitu. Akhirnya gw bikin janji wawancara ama managernya trus abis wawancara gw disuru nunggu de ampe skrng...blon ada kabar lg...hehe

gajinya kalo yg full time:
1.25jt itu basic salary + uang makan 11rb/hari kerja
nanti setelah masa training ada tambahan uang insentif yg besarannya tergantung dari sales performance toko tmpt lu kerja, jd semakin rame toko tmpt lu kerja semakin gede bonus ini, tapi semakin K.O. juga kerjanya..hehe

kalo full time kerjanya 5 hari/minggu termasuk sabtu, minggu & hari besar, tp tenang, nanti sistemnya dirolling kok, jd masi ada waktu ngapelin pacar walopun ga tiap minggu , trus kerjanya 9 jam/hari.

oya FYI, mau lu kuliah apa ga ngaruh kok, mereka terima semua background pendidikan, gw sendiri background pendidikannya Teknik Industri & pengalaman kerjanya cuman pernah magang di bengkel ama pabrik, tp diterima2 aja ama setarbak. haha
untuk contoh CV pake english.. karena ada nilai +nya...

3 komentar:

Anonim mengatakan...

minta no gan

Payon Village Guild mengatakan...

kalo lulusan smp bisa ketrima kerja part time nga ???
mohon info scepatnya yah .. ?

Anonim mengatakan...

kalo part time sambil sekolah bisa gak gan?
ane pengen banget part time gan..